Jumat, 17 Mei 2013

Opera Mini dan Sejarahnya

Opera Mini merupakan penjelajah Web yang dirancang khusus untuk ponsel dan juga bisa dioperasikan untuk PDA Phone dan Smartphone. Penjelajah Web ini menggunakan platform Java MIDP 2.0/ Java J2ME, Android, Windows Mobile, iOS, BlackBerry OS, UIQ3, Symbian, Zeebo dan beberapa sistem operasi lainnya. Opera Mini adalah sebuah aplikasi gratis yang di kembangkan oleh Opera Software dan bekerja sama dengan beberapa perusahaan, di antaranya yaitu situs aplikasi gratis Gamejump, situs web mail Yahoo, mesin pencari Google dan masih banyak lagi lainnya, seperti misal kalau yang di Indonesia adalah bekerja sama dengan salah satu perusahaan telekomunikasi selular Telkomsel.

Tentang sejarahnya, Opera Mini berasal dari penjelajah web Opera untuk komputer pribadi, yang telah tersedia untuk umum sejak 1996. Pada awalnya Opera Mini dirancang untuk ponsel yang telah mampu terkoneksi atau tersambung ke jaringan internet. Pertama kali Opera Mini di kenalkan pada 10 Agustus 2005 sebagai pilot project dalam kerjasama dengan stasiun televisi Norwegia, TV 2. Sehingga pada saat itu, Opera Mini hanya tersedia untuk pelanggan TV 2. Dan kini Opera Mini sudah bisa kita pakai dan kita rasakan manfaatnya.

Beberapa kelebihan dari Opera Mini adalah mempunyai keunggulan yang tidak ada pada browser bawaan ponsel pada umumnya, yaitu Opera Mini dikenal dengan kecepatan browsingnya yang cukup cepat, yang biasanya lebih cepat daripada browser bawaan ponsel. Keunggulan lain dari Opera Mini adalah hemat pemakaian bandwidth internet, sehingga tarifnya relatif lebih murah dari pada browser bawaan milik ponsel kita. Ini dikarenakan Opera Mini dapat mengkompres data suatu halaman sampai 90%. Keunggulan yang menarik ialah dapat menyimpan halaman website yang di anggap penting atau menarik oleh penggunanya, dan selanjutnya disimpan di folder yang telah di pilih pengguna pada memori telepon atau kartu memori eksternal.

Selain itu sekarang Opera Mini sudah bisa multi taks dengan tab, sehingga dengan fitur ini pengguna bisa mengakses lebih dari satu halaman situs secara bersamaan. Jadi tidak salah kalau Opera Mini menjadi pilihan utama dan aplikasi wajib bagi penjelajah dunia maya.

Selama perjalanannya sebagai aplikasi browser pilihan, Opera Mini telah meraih beberapa penghargaan, di antaranya:
- Laptop Magazine Editors’ Choice Award,
- Sony Ericsson Content Award for “Productive Mobility” 2007
- Getjar “Mobile Application of the Year Award” 2007
- Mobile Gala “Best program for mobile phones” 2005 and 2006
- CHIP.de Digital Lifestyle Award 2006.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.