Minggu, 14 April 2013

modul 1 animasi


SMK NEGERI 2 BOJONEGORO
        TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
         Jl. Pattimura no. 3 (0353) 881912
      B O J O N E G O R O



MODUL 1
MEMBUAT KURVA DASAR

 





A.    TUJUAN
§  Memahami stuktur kurva dasar
§  Mampu membuat kurva dasar
§  Mampu membuat animasi berbasis kurva dasar

B.     PETUNJUK
§  Awali setiap aktivitas dengan do'a, semoga berkah dan mendapat kemudahan.
§  Pahami tujuan, dasar teori, dan latihan-latihan praktikum dengan baik dan benar.
§  Kerjakan tugas-tugas praktikum dengan baik, sabar, dan jujur.
§  Tanyakan kepada guru apabila ada hal-hal yang kurang jelas.

 








C.    DASAR TEORI
Animasi merupakan kumpulan objek yang memiliki bentuk dan gerakan tertentu. Objek dasar yang menjadi komponen sebuah animasi dapat berupa kurva dasar atau pun objek yang diimpor dari aplikasi lain. Pada pembahasan berikut akan diuraikan cara membuat sebuah kurva dasar menggunakan tool yang tersedia dalam Macromedia Flash. kurva dasar di sini meliputi 2 bentuk, antara lain:
·         Garis
·         Kotak






1.        Membuat objek garis
Membuat garis dengan Line Tool
Langkah untuk membuat kurva dasar berupa garis lurus adalah mengklik ikon  pada toolbox, arahkan pada bidang kanvas, lalu buat garis objek garis dengan teknik drag. Agar garis yang anda buat benar-benar lurus, tekan tombol SHIFT pada keyboard pada saat anda melakukan drag.

Untuk memodifikasi ketebalan garis, anda dapat memanfaatkan panel Propertise dengan men-drag slider Stroke Height. Selain membuat objek berupa garis lurus, anda juga dapat membuat objek berupa garis lenkung.
Gambar 1. Properties Pada Objek Garis
-          Buatlah sebuah objek garis lurus. Anda dapat menggunakan ikon  atau ikon .
-          Setelah selesai, arahkan mouse pointer pada sisi garis sehingga bentuk mouse pointer berubah menjadi   
-          Setelah itu, drag dan bentuk sebuah garis lengkung.
Gambar 2. Garis sebelum dan sesudah dilengkungkan
2.        Membuat Kotak
Membuat Poligon
Selain objek kotak dan garis seperti yang telah dibahas diatas, Macromedia Flash juga  menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah objek poligon atau segi banyak. Untuk membuat objek poligon, lakukan beberapa tahapan sebagai berikut:
-          Klik dan tahan ikon  
-          Berikutnya, pilih Polystar tool
Gambar 3. Komposisi Icon Pada Rectangel Tool

-          Pada panel Properties, klik tombol Options.
-          Atur setting sebagai berikut:
Gambar 4. Tool Setting pada Style Polygon
Atau
Gambar 5. Tool Setting pada Style Star
-          Setelah selesai mengatur setting PolyStar, buat objek Poligon pada Stage menggunakan Teknik drag.

Animasi Lingkaran Berputar
Langkah untuk membuat animasi lingkaran berputar adalah sebagai berikut:
-          Buka lembar kerja baru
-          Klik ikon  tambahkan tipe warna Bitmap.
-          Selanjutnya ,klik kanan pada frame 20, lalu pilih menu Insert KeyFrame
Gambar 6. Penambahan Key Frame
-          Klik kanan pada frame aktif dan pilih menu Create Motion Tween
-          Frame masih dalam keadaan aktif atur properti frame Rotate = CW, Times 3
Gambar 7. Pengaturan Properties Rotate
-          Untuk melihat animasi, lakukan test movie


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.